News Update
Home » » Macam-Macam Gerakan Senam Lantai

Macam-Macam Gerakan Senam Lantai


Macam-Macam Gerakan Senam Lantai ~ Senam lantai mungkin tak banyak yang tahu tentang olah raga yang satu ini bahkan macam-macam gerak senam lantai pun masih sedikit yang paham secara baik dan benar tentang senam lantai ini. Bahkan saya secara pribadi sangat awam mengenai macam-macam senam lantai. Oleh sebab itu, saya membuat postingan khusus yang membahas secara lengkap seputar macam-macam gerakan Senam Lantai agar saya bisa tahu lebih banyak tentang Senam Lantai, begitu juga dengan gerak senam lantai. Agar mana tahu dilain waktu ada yang bertanya, saya jadi gak malu-maluin.
Tujuan Senam Lantai
Tujuan senam lantai selain bagian dari cabang olah raga yang pastinya untuk memberikan kesehatan yang prima kepada anda. Mungkin kaum wanita yang cenderung mendominasi olah raga ini. Tujuan Senam lantai dengan macam-macam gerakan ini akan menjadikan anda jauh awet muda. Tidak percaya? Anda bisa membuktikan bahwa para wanita yang gemar melakukan secara benar macam-macam gerakan senam lantai secara baik akan terlihat jauh lebih segar dan lebih muda.
Lalu seperti apa saja sebenarnya Macam-macam Gerakan Senam Lantai ini? Berikut penjelasannya :

1. Guling Depan (Forward Roll)
Gerakan Guling depan atau bisa disebut Forward Roll merupakan gerakan guling yang dilakukan ke depan. Langkah-langkah guling depan yang benar adalah :
a. Berdiri tegak, kedua tangan lurus di samping badan.
b. Angkat kedua tangan ke depan, bungkukkan badan, letakkan kedua telapak tangan di atas matras.
c. Siku ke samping, masukkan kepala di antara dua tangan.
d. Sentuhkan bahu ke matras.
e. Bergulinglah ke depan.
f. Lipat kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke dada dengan posisi tangan merangkul lutut.
g. Sikap akhir guling depan adalah jongkok kemudian berdiri tegak.

2. Guling Belakang (Backward Roll)
Guling Belakang akan sedikit sulit, namun anda akan mengerti dan bisa melakukannya dengan mudah dengan cara :
a. Jongkok, tekuk kedua siku tangan menghadap ke atas di dekat telinga, dagu dan lutut tarik ke dada.
b. Guling badan ke belakang hingga bahu menyentuh matras, lutut dan dagu tetap mendekat dada, telapak tangan di dekat telinga.
c. Bahu menyentuh matras, kedua telapak tangan menyentuh matras, gerakkan kaki untuk dejatuhkan ke belakang kepala.
d. Jatuhkan ujung kaki ke belakang kepala.
e. Dorong lengan ke atas.
f. Jongkok dengan lengan lurus ke depan.

3. Gerakan Lenting (Lenting Tengkuk)
Gerakan Lenting berbeda dengan gerakan sebelumnya, digerakan ini terbagi menjadi 3 bagian penting yang perlu anda perhatikan dengan seksama yakni :
a. Sikap Awal
Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua lengan diangkat lurus ke atas. Sambil membungkukkan badan, tetakkan kediua tangan di matras kira-kira satu langkah dari kaki. Setelah itu letakkan tengkuk di antara kedua tangan sambil mengambil sikap guling depan. Kedua kaki dijaga agar tetap lurus.
b. Pelaksanaan
Ketika posisi untuk guling depan tercapai, segeralah mengguling ke depan. Saat tubuh sudah berada di atas kepala, kedua kaki segera dilecutkan lurus ke depan sambil dibantu oleh kedua tangan yang mendorong badan dengan menekan matras. Lecutan ini meyebabkan badan melenting ke depan.
c. Sikap Akhir
Ketika layangan selesai, kedua kaki segera mendatar. Badan tetap melenting dan kedua lengan tetap terangkat lurus. Akhirnya , berdiri tegak.

4. Sikap Kayang
Gerakan Kayang bisa jadi metode sederhana yang mungkin anda akan memandang begitu mudah gerakan ini, namun pada kenyataanya tidak demikian, namun jika anda tahu caranya, maka sikap kayang bukan sesuatu yang sulit. Caranya adalah sikap berdiri membelakangi matras dengan kedua kaki agak dibuka dan kedua tangan diayunkan ke belakang, ke atas secara perlahan hingga kedua telapak tangan menempel pada matras. Kemudian secara perlahan berdiri tegak.

5. Sikap Lilin
Sikap lilin merupakan salah satu gerakan yang paling saya sukai karena saya cenderung mempraktekkan ketika di SMA dulu dengan bantuan tembok. Sikap Lilin ini bisa anda lakukan dengan cara tidur terlentang, dengan dilanjutkan mengangkat kedua kaki lurus ke atas (rapat) bersama-sama. Pinggang ditopang oleh kedua tangan, sedangkan pundak teta menempel pada lantai.

19 comments:

  1. salam kenal Gan
    apakah untuk senam lantai ini membutuhkan iringan musik ?
    apakah Gan Tau baju senam Murah?
    moga makin sukses

    ReplyDelete
  2. salam kenal ya gan.... kalo boleh nanya nich Kalau di surabaya apakah ada informasi tentang sanggar senam yang favorit, dan dimana tempat yang menyediakan baju senam terbaru disini?, trims infonya :)

    ReplyDelete
  3. salam kenal sista :)
    mohon izin sista skedar mmbantu sista ni utk mnjawab :) klo utk toko bju snam yg menjual bju snam terbaru setau sya dri hsil searching sya sndiri itu di www.BajuSenamGrosir.com dsini byak menyediakn jenis2 baju senam berkualitas harga grosir
    smoga mmbantu :)

    ReplyDelete
  4. Thx ya sis atas artikelnya :), kalau boleh tau, perbedaan senam lantai dan senam Aerobik itu apa aja ya ? trus kalau baju senam terbaru yg dipakai apakah berbeda?

    ReplyDelete
  5. Salam Kenal ya...

    Info yang menarik nie..... kalau boleh tau, kapan waktu yang tepat buat melakukan senam tersebut? dan di mana yaa toko baju senam murah yang nyaman digunakan?

    Thnks ya... & sukses selalu.... :)

    ReplyDelete
  6. salam kenal sis..
    gerakannya unik dan menantang... pasti membutuhkan baju senam body image yang lentur dan nyaman ini ya sist,..

    ReplyDelete
  7. salam kenal gan...???
    mau tanya nih untuk senam lantai mulai populer kapan yaa... dan apakh dulu juga memakai baju senam seperti saat ini...???

    ReplyDelete
  8. Untuk melakukan senam lantai apah harus dalam pengawasan instruktur ? dan apakah ada gerakan khusus untuk pemanasan? dan untuk pakaiannya kira2 di mana ya toko yang menjual baju senam muslimah dg model terbaru dan pastinya nyaman dipakai?
    Salam sukses dan bugar

    ReplyDelete
  9. matur nuhun atuch artikelnya, alhamdulillah bisa bantu meringankan tugas ane, oh iya kak bisa info tentang pakaian olahraga nike yang disurabya.

    ReplyDelete
  10. salam kenal sist
    arikelnya informatif sekali..kalo tmpat jual baju senam yang murah dan berkualitas dmana? makasih...

    ReplyDelete
  11. pict nya mantab gan..

    ReplyDelete
  12. Utang menumpuk tidak bisa di bayar, pasti ada solusinya
    bergabunglah di Ubcpokerbest
    pendaftaran bisa kunjungi link berikut ( https://bit.ly/2WDw9Q7 )

    ReplyDelete

Copyright © 2013.Jasa Adsense - Posts · Comments
Theme Template by Bang Jali · Powered by Blogger