News Update
Home » , » Tips Memilih Template Blog SEO Friendly

Tips Memilih Template Blog SEO Friendly

Tips Memilih Template Blog SEO Friendly | ZICBLOGGER


 Menurut saya pemilihan template blog itu sangat penting, jadi jangan asal pilih template saja. Jangan terpengaruh dengan tampilannya yang ( Double WOW ). Jangan karena tamilannya yang kinclong kita langsung kepincut. Sebaiknya sobat teliti dulu template tersebut sebelum digunakan. Baca aturan pakai, bila sakit berlanjut hubungi dokter ( lho kok jadi kaya mau minum obat sih, mas???) ya memang seperti itulah template, jika kurang tepat dalam penggunaannya blog kita bisa over dosis hehe. Jangan terlalu serius sob, santai aja saya kan bukan pengawas UN hehehe. Ok mari kita lanjut membaca!

      Sebelum kita membahas tips memilih template yang SEO Friendly, saya akan memberikan sedikit gambaran beberapa hal-hal yang diakibatkan karena kurang tepatnya memilih template blog. Simak ilustrasi berikut ini :

1. Pernahkah anda berkunjung ke suatu blog dengan loading yang sangat lambat?
2. Pernahkah anda berkunjung ke blog yang dipenuhi dengan banyak widget?
3. Pernahkah anda berkunjung ke blog dengan berbagai iklan yang bergelantungan, bahkan sampai
menutupi artikel?

     Saya yakin jawabannya adalah "YA", lalu apa yang anda rasakan ketika berada di halaman blog tersebut? Saya yakin anda merasa tidak nyaman dan tidak ingin berkunjung lagi ke blog tersebut apalagi jika banyak iklan yang menutupi artikel, yup pasti sangat membosankan. Nah, begitu juga dengan mereka ( pengunjung blog kita ), mereka juga tidak akan betah lama-lama berada di blog kita jika blog kita masuk kedalam kategory blog-blog seperti yang sudah saya sebutkan tadi. Maka dari itu kita harus memperhatikan kenyamanan pengujung blog, jangan hanya mementingkan ego kita. Kenapa? Karena yang mereka butuhkan adalah informasi / konten yang ada di blog kita, mereka tidak butuh tampilan blog yang keren tapi berat loadingnya lambat, mereka hanya menginginkan kenyamanan pada saat membaca artikel di blog kita. Jadi hati-hatilah dalam memilih template blog.

Mungkin dari pertanyaan-pertanyaan diatas sobat anda bisa tahu mengapa template berpengaruh terhadap jumlah pengunjung blog kita. Selanjunya saya akan membahas tentang template SEO Friendly beserta ciri dan manfaatnya :

1. Apa itu Template SEO Friendly?

Template blog SEO Friendly adalah template yang dibuat dan dirancang khsusus untuk membantu para blogger dalam melakukan optimasi SEO. Penggunaan template SEO Friendly di dalam blog merupakan bagian dari optimasi SEO on Page (optimasi SEO yang dilakukan didalam blog) yang menurut saya sangat penting karena dapat mempengaruhi jumlah visitor pada suatu blog. Ingin tahua alasannya mengapa? yuk kita lanjut baca hehehe!

2. Ciri-ciri Template SEO dan Visitor Friendly

Adapaun ciri-ciri template blog yang SEO Friendy adalah sebagai berikut :
  1. Template ringan dengan loading yang cepat, karena selain membuat nyaman pengnjung juga bisa mempermudah search engine untuk mengindex konten yang ada di blog kita.
  2. Warna Backround dan warna text, Usahakan gunakan template dengan background yang cerah serta warna font / huruf yang kontras, misalnya warna hitam
  3. Usahakan jangan memakai template dengan background gambar, karena dapat memperlambat proses loading blog
  4. Pilih template yang hanya memiliki dua kolom yaitu 1 kolom artikel / postingan dan satu lagi kolom sidebar
  5. Pilih template dengan sidebar disebelah kanan, tujuannya yaitu agar ketika loading yang pertama muncul adalah artikel / konten blog. Selain itu menurut logika, jika kita membaca buku biasanya dimulai dari sebelah kiri ke kenan, kecuali jika kita membaca huruf arab dan Al-Qur'an.
  6. Pilih template yang memiliki menu Navigasi yang jelas dan tidak berantakan, agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan artikel yang mereka cari
  7. Template yang memiliki struktur Heading yang lengkap mulai dari H1, H2, H3, H4, H5 dan H6, heading H1 bisa kita pakai sebagai Judul atau nama blog kita, H2 sebagai judul posting, H3 Judul sidebar / widget, H4 sebagai Related Post  dsb.
  8. Template yang dilengkap dengan widget share button seperti ( Facebook Share, Twitter, google+ ) dsb. Fungsinya untuk mempermudah pengunjung dalam menyebarkan artikel yang ada di blog kita
  9. Template yang dilengkapi dengan widget Related Posts atau Artikel terkait, tujuannya yaitu aagar pengunjung dapat menemukana rtikel yang masih berhubungan dengan artikel yang sedang ia baca, sehingga akan meningkatkan jumlah pageview blog kita. Sebenarnya tidak hanya widget related posts saja yang penting untuk dipasang, untuk mengetahui widget apa saja yang harus dipasang di blog, silahkan baca artikel sebelumnya mengenai "Widget Yang Harus Dipasang di Blog"
  10. Template yang memiliki dinamis meta tag, tujuannya yaitu agar kita tidak perlu memasang meta tag disetiap postingan, karena dengan meta tag dinamis ini, meta tag akan terpasang secara otomatis disetiap postingan.
  11. Template yang valid HTML dan CSS-nya, untuk mengetahui valid atau tidaknya template suatu blog anda dapat mengeceknya di : W3 Validator

4. Contoh Template SEO Friendly

Untuk contoh template SEO Friendly saya akan share pada postingan selanjutnya, karena menurut saya postingan ini sudah terlalu panjang, hehehe.


Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai tips memilih template SEO Friendly, untuk kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Dan jika menurut anda ada yang kurang dari penjelasan saya diatas, anda dapat menambahkannya melalui kolom komentar.



5 comments:

  1. makasih buat tips memilih tamplate soe friendlynya mas.. sangat membantu
    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-radang-prostat/

    ReplyDelete
  2. BONUS DEPOSIT 100% DAN BONUS REFERRAL 50% HANYA DI POKER BETDANWIN
    DENGAN BERMAIN DI POKER BETDANWIN TUNGGU APA LAGI SEGERA DAFTAR ID POKER ANDA HANYA DI WWW.BETDANWIN.COM 100% PLAYER vs PLAYER TANPA BOT,
    WWW.BETDANWIN.COM ADALAH SITUS PERMAINAN POKER ONLINE INDONESIA YANG TERPECAYA
    KELEBIHAN BERMAIN DI POKER WWW.BETDANWIN.COM
    -KUNJUNGI DAN LIKE FANPAGE KAMI https://www.facebook.com/BetdanWin-1071580636209445/?ref=ts&fref=ts
    -DENGAN SERVER YANG BERKECEPATAN TINGGI MEMBUAT PERMAINAN POKER SEMAKIN NYAMAN
    -MINIMAL DEPOSIT HANYA Rp 20.000
    -MINIMAL WITHDRAW 30.000
    -POTONGAN MEJA HANYA 3%
    -MEMBER REFERRAL AKTIF DAPATKAN BONUS REFERRAL 50% SEUMUR HIDUP
    -DATA MEMBER AKAN TERJAGA DAN AMAN
    -DEPOSIT DAN WITHDRAW PALING LAMA HANYA 2 MENIT
    -DAPATKAN JACKPOT HINGGA RATUSAN JUTA RUPIAH
    -BBM 5BF1E6A0
    -DiLAYANI OLEH CUSTOMER SERVICE YANG RAMAH SELAMA 24JAM

    ReplyDelete
  3. makasih info tentang templatenya, mampir ya. Javanese Trans Sewa Mobil Di Malang. www.javanesetrans.com

    ReplyDelete
  4. Maaf mau tanya...manakah yang lebih baik...menggunakan template bawaan blog atau template pihak ketiga?

    ReplyDelete

Copyright © 2013.Jasa Adsense - Posts · Comments
Theme Template by Bang Jali · Powered by Blogger